Popular Post

Posted by : Menwa Unbor Senin, 25 November 2013

Menurut :
Nama : Dausan Adam Parikesit
Satuan : Menwa Unbor Jakarta
      Assalamu'alaikum Wr.Wb. Nama saya Parikesit asal Solo, Jawa Tengah. Saya calon anggota Resimen Mahasiswa Satuan Universitas Borobudur Jakarta. 

Menurut saya,
      Bela Negara adalah salah satu dari sikap patriotisme, suatu kecintaan terhadap tanah air tercinta.  Dan untuk apa bela Negara itu? Untuk mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dan seperti yang dijelaskan dalam UUD 1945 banyak pasal yang mewajibkan kepada seluruh warge Negara untuk ikut serta dalam usaha pembelaan Negara. Dan saat kita masuk perguruan tinggi, pasti kita mendapat sedikit materi tentang pembelaan Negara. Dan usaha pembelaan negara pun banyak macamnya, antara lain dengan kita bergabung dengan militer dengan menanamkan jiwa patriotisme, sebuah paham yang mengajarkan kita untuk cinta tanah air. Mengangkat senjata membela tanah air dari serangan musuh maupun teroris. Dengan cara lain kita tetap bisa turut serta dalam upaya pembelaan negara antara lain dengan cara meningkatkan rasa nasionalisme kita. Dengan demikian kita semakin sadar bahwa kita dituntut untuk memajukan negara kita dengan melestarian budaya Indonesia ikut berpartisipasi dalam sistem politik dengan tujuan untuk menata kembali sistem-sistem politik yang banyak disalahgunakan oleh para koruptor. Dengan cara kita sadar hukum dan mematuhi setiap peraturan-peraturan yang ada baik yang tercantum dalam Undang-undang dasar negara tahun 1945, peraturan pemerintahan maupun peraturan / norma yang ada dalam masyarakat.

      Upaya bela negara harus kita tanamkan sejak dini sejak kita mulai dibangku SD dengan adanya pelajaran Pancasila dan kewarganegaraan. Dari situ perlahan kita tanamkan jiwa nasionalis sekaligus patriotisme.  Dengan demikian kita dapat mengajak para generasi penerus bangsa untuk sadar akan pentingnya bela negara. Kesadaran akan pentingnya bela negara sangat mempengaruhi kelangsungan suatu negara tersebut. Karena kalau bukan kita siapa lagi yang akan menjaga keutuhan dan kesatuan negara tersebut?

      Resimen mahasiswa merupakan wadah yang sangat baik dalam menanamkan jiwa nasionalisme dan juga patriotisme. Disini kita diajarkan bagaimana kita dapat bergabung didalam upaya pembelaan negara. Kita diperkenalkan secara lebih dekat untuk bisa membela Negara Kesatuan Republik Indonesia.

      Di era modern seperti sekarang ini. kita harus terus meningkatkan semangat Bela Negara karena seperti kita tahu, kecanggihan teknologi yang semakin maju dan terus berkembang, negara kita semakin ringkih untuk bisa bertahan. Untuk itu kita sebagai mahasiswa kita harus turut serta dalam upaya membela negara. Baik dari segi teknologi dan informasi kita jangan pernah menyerah untuk terus belajar dan belajar. Banyak celah yang bisa dimanfaatkan oleh teroris untuk meruntuhkan kedaulatan negeri ini. Untuk itu kita harus terus menanamkan, dan memupuk rasa cinta tanah air untuk tetap membela keutuhan, kesatuan dan kedaulatan nusantara tercinta ini.

- Copyright © Menwa Unbor - eighTsuN - Suport Kampus (Markas Distrik) - Desain Blog Menwa Unbor -