Popular Post

Posted by : Menwa Unbor Senin, 25 November 2013

Menurut :
Nama : Syifa Fauziah
Satuan : Menwa Unbor Jakarta

Syifa Fauziah
      Bela negara adalah tekad, sikap, dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara pembelaan negara bukanlah semata mata tugas TNI, tetapi segenap warga negara sesuai dengan profesi dan kemampuan wargga negara itu sendiri. Kesadaran bela negara pada hakikatnya kesediaan berbakti pada negara dan kesedian berkorban membela negara . konsep bela negara dapat diartikan secara fisik ataupun nonfisik . secara fisik dengan menggangkat senjata menghadapi seragan musuh. Secara nonfisik dapat dilakukan dengan segala upaya untuk memperhankan Negara dengan cara menngkatkan  rasa nasionalisme, yakni kesadaran berbangsa dan bernegara, menanamkan kecintaan terhadap tanah air dan berperan aktif dalam memajukan bangsa dan negara.  Contoh lain dari bela negara adalah melestarika budaya, belajar dengan rajin pagi para pelajar, taat akan hukum dan aturan-aturan negara. Lalu pentingkah bela negara saat ini ?

      Bela negara sangat penting bagi kelangsungan suatun negara itu sendiri . karena jika tidak ada kesadaran akan bela negara maka bukan hal yang mustahil suatu negara bisa kembali di jajah olleh negra lain . penjajahan ini bukan hanya dalam bentuk seperti penjajahan jaman dulu tetapi bisa dalam bentuk lain misalnya dengan meggeser sedikit demi sedikit budaya bangsa dengan budaya asing . Dalam hal ini bela negara sangat diperlukan untuk membentengi rasa nasionalisme warga negara itu sendiri. Mereka yang tidak memiliki kecintaan terhadap negar nya, tidak memiliki jiwa untuk membela negaranya bukal hal yang tidak mungkin mereka bisa melupakan budaya bangsa mereka sendiri dan lebih memilih mencintai budaya lain.

      Maka dijaman yang serba modern serba global dengan segala kecanggihan IPTEK bela negara sangatlah penting untuk menjamin kelangsungan suatu negara. Dengan adanya rasa cinta dan pembelaan pada negara, suatu negara akan berdiri kokoh karena didalamnya terdapat penghuni-penghuni yang mencintai dan membela negara itu sendiri .

- Copyright © Menwa Unbor - eighTsuN - Suport Kampus (Markas Distrik) - Desain Blog Menwa Unbor -